Cara Membuat Table of Content di WordPress dengan Plugin

Apakah Anda ingin menambahkan daftar isi (table of content) seperti Wikipedia pada beberapa artikel panjang Anda? Daftar isi memudahkan pengguna untuk beralih ke bagian yang ingin mereka baca. Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda cara membuat daftar isi di posting dan halaman WordPress tanpa menulis HTML atau CSS.

Cara Membuat Table of Content di WordPress dengan Plugin
Cara Membuat Table of Content di WordPress dengan Plugin

Mengapa Menambahkan Daftar Isi di Posting WordPress?

Anda mungkin telah melihat daftar isi di situs web seperti Wikipedia. Daftar isi memudahkan pengguna untuk beralih ke bagian yang ingin mereka baca dalam artikel panjang.

Ini juga membantu dengan SEO WordPress Anda karena Google secara otomatis menambahkan lompatan ke bagian link di sebelah situs Anda dalam hasil pencarian.

Anda dapat secara manual membuat daftar isi di WordPress dengan menulis kode HTML. Namun itu sulit bagi pemula karena Anda harus secara manual membuat daftar, menambahkan tautan, dan menambahkan atribut ID sepanjang artikel.

Tapi ada cara mudah. Mari kita lihat bagaimana cara membuat daftar isi dengan mudah di posting dan halaman WordPress.

Membuat Daftar Isi di WordPress

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menginstal dan mengaktifkan plugin Easy Table of Contents . Untuk detail lebih lanjut, lihat panduan langkah demi langkah tentang cara memasang plugin WordPress .

Setelah aktivasi, Anda perlu mengunjungi halaman Pengaturan »Daftar Isi . Dari sini, Anda dapat mengelola pengaturan umum untuk daftar isi seperti memilih posisi, memilih label untuk wadah, dll.

Anda juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan penyisipan otomatis daftar isi untuk setiap jenis posting . Jika diaktifkan, maka plugin akan secara otomatis menambahkan daftar isi untuk setiap artikel yang memiliki lebih dari 4 judul. Anda dapat mengubahnya ke nomor lain yang Anda suka.

Biasanya, kami tidak menyarankan menambahkan daftar isi pada setiap artikel kecuali semua artikel Anda panjang.

Selanjutnya, Anda dapat menggulir ke bawah untuk mengubah tampilan kotak daftar isi. Dari sini Anda dapat memilih tema, menyesuaikan lebar dan tinggi, mengatur ukuran font, atau membuat skema warna khusus untuk daftar isi kotak Anda.

Setelah itu, Anda harus pergi ke bagian Pengaturan lanjutan. Opsi default akan berfungsi untuk sebagian besar situs web, tetapi Anda dapat meninjau opsi ini untuk melihat apakah Anda ingin menyesuaikan sesuatu.

Jangan lupa klik tombol Simpan Perubahan untuk menyimpan pengaturan ini.

Menambahkan Daftar Isi ke Posting atau Halaman WordPress
Kecuali Anda telah menonaktifkan penyisipan otomatis, plugin sekarang akan secara otomatis mulai menambahkan daftar isi ke posting berdasarkan pengaturan yang Anda pilih sebelumnya. Anda juga dapat mengelola pengaturan berdasarkan pos demi pos.

Pada layar edit posting, Anda akan melihat bagian baru untuk menambah dan mengelola daftar isi untuk posting Anda.

Di bagian ini, Anda dapat menonaktifkan opsi penyisipan otomatis untuk daftar isi pada posting ini secara khusus. Anda juga bisa menentukan level heading mana yang akan digunakan untuk item tabel.

Catatan: Jika Anda mengubah pengaturan apa pun di kotak ini, maka itu akan menimpa pengaturan global untuk posting / halaman khusus ini.

Setelah Anda menulis artikel dengan beberapa judul, Anda dapat melihat pratinjau untuk melihat Daftar Isi yang sedang beraksi.

Daftar isi akan muncul tepat di atas judul pertama dalam artikel Anda. Pembaca Anda dapat mengklik tautan dan melompat ke bagian yang ingin mereka baca.

Kami harap artikel ini membantu Anda mempelajari cara membuat daftar isi di posting dan halaman WordPress. Anda mungkin juga ingin melihat panduan kami tentang cara tampil di kotak jawaban Google dengan situs WordPress Anda untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas pencarian.

Add comment

Follow us

Don't be shy, get in touch. We love meeting interesting people and making new friends.

Most discussed